Sabtu, 04 Mei 2013

CARA MERAWAT TAS KULIT


CARA MERAWAT TAS KULIT

bagaimana cara merawat tas anda agar tas anda selalu terlihat baru tanpa harus selalu gonta ganti beli tas baru ketika tas”ada sudah telihat usang, masalahnya genuine leather kan harganya sedikit lebih mahal ya dibanding tas imitasi, jadi sayang aja kalau kita ga bisa merawat tas kita agar selalu telihat baru..
Genuine leather merupakan tas yang dapat anda warisi kepada anak cucu kita, hal tesebut dikarnakan kualitasnya yang jauh diatas fake leather, nah sayang kan kalo kita ga bisa ngerawatnya dengan baik, yg ada tas kita keburu terlihat kumel dan ladus sebelum kita turunkan ke anak cucu kita..
Dibawah ini info cara merawat tas anda agar senantiasa terjaga dengan baik sehingga bisa selalu terkihat baru.
1.Hindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama.
Ini karena paparan sinar matahari dapat merusak permukaan kulit tas, misalnya pecah – pecah atau terlihat seperti retak. Bayangin aja deh..kulit kita aja bisa kering dan hitam kalo lama kelamaan dibawah matahari..nah gitu juga dengan tas genuine leather kita, bisa kering..bahkan bisa pecah”. Sebagai penanggulan pertama perawatan, sebaiknya anda memberikan lotion ataupun butte cream pada keseluruhan genuine leather anda. Jangan langsung anda tuang lotion diatas kulit,karena malah akan menimbulkan noda baru, sebaiknya tuang lotion ke telapak tangan anda terlebih dahulu, lalu gosok-gosok dulu ditangan anda, baru anda lap tas genuine leather anda dengan tangan yg sudah berbaur lotion tesebut. Lakukan sedikit tekanan-tekanan ringan agar lotion benar-benar menyerap sempurna ke lapisan genuine leather anda. Lalu ambilah handuk/kain lembut untuk meratakan semua lotion yang sudah tetempel di genuine leather anda, gosok” hingga genuine leather anda tidak lengket dengan lotion, lalu angin-anginkan sebentar, lalu simpan kembali kedalam sarung tas anda.
2. Hindari air
Seandainya tas sudah terlanjur terkena air, segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut. Kalo kita ga keringin terlebih dahulu sebelum kita simpan, jangan kaget kalo suatu saat kita mau pake dan tenyata tas kesayangan kita itu jamuran, by the way air itu ga selalu harus air hujan loh,keringat termasuk didalamnya.nah kalo sudah terlanjur bagaimana?
Jamur dapat dihilangkan dengan cara menggosoknya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu ada di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus lalu gosok dengan lap kering. Anda bisa pakai sabun khusus kulit atau krim pembersih khusus untuk kulit, keduanya dapat diperoleh di pasar swalayan. Agar mengkilap, gosoklah dengan kain lembut.
Intinya Jika sedang tidak dipakai, simpan tas dalam kantong penyimpan (dust bag) dan jangan lupa keluarkan telebih dahulu isi di tas itu. Jika cukup lama disimpan, sesekali tas dapat dikeluarkan dan diangin – anginkan, tujuannya agar tas kulit kita tidak lembab.
4. Kulit vs Plastik
Nahh yg ini pasti ga sedikit dari kalian yg baru tau deh, mulai sekarang lakukan hal ini, jangan simpan tas kulit menempel atau dekat dengan tas dari bahan plastik. Tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit. Akibatnya, bisa muncul noda pada tas yang terlihat seperti kena jamur. Kalau sudah begini tas anda akan terkena noda yang sulit dihilangkan, dan mau gamau kita harus coloring tas kita lagi.
5. Menghindari jamur
Jika tas disimpan di lemari, gunakan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel yang bisa dibeli di apotek. Letakkan di dalam tas agar tidak berjamur. Lemari tempat anda menyimpan tas pun harus anda berikan kamper / penyeap kelembapan lainnya. Ini sangat penting, sesekali juga anda harus membuka lemari anda, agar sirkulasi udaranya dapat berganti dengan uadara baru, lemari yang telalu lembab pun tidak baik dan juga dapat merubah aroma kulit dr tas anda menjadi bau apek, sangat disayangkan bukan?
6. Menghindari binatang kecil (Ngengat)
Hati – hati bagi anda yang menyimpan tas genuine leather anda didalam lemari kayu, ada beberapa binatang kecil yang sangat menyukai tinggal di dalam lemari kayu..seperti tungau, rayap dll
Disini saya mau berbagi pengalaman menghindari binatang – binatang kecil pengganggu itu, sebenernya gampang, sering – sering bongkar isi lemari kita, keluarkan semua koleksi tas anda, kosongkan lemari, dan gunakan minyak kayu yang seperti vernish kayu, jangan hanya bagian luar saja yang kita lap, tapi dalam-dalamnya juga, diamkan sementara waktu hingga bau cairan tersebut tidak terlalu menyengat lagi, agar tidak terserap kedalam tas kulit kita nantinya. Selain itu seperti yang saya tulis diatas, jangan lupa menaruh kamper/penyerap lembab didalam lemari anda. Lakukan hal seperti ini sebulan sekali.
Binatang kecil ini tidak akan memakan genuine leather anda, tetapi dia akan memakan lapisan karet yang ada disetiap tas kita, nah untuk yang masih suka memakai fake leather, hati – hati terhadap ngengat ini, dia akan menggerogoti fake leather anda sehingga tas anda akan pecah – pecah dan akhirnya mengelupas alias membrudul.
Semoga berguna..bila ada info tambahan lain silahkan dilengkapi ya
Teima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar